Tuesday, March 5, 2013

JENIS-JENIS KAPASITOR

JENIS-JENIS KAPASITOR
(Kondensator)



Jenis Kapsitor Berdasarkan Polaritasnya

Pada dasarnya kapasitor dibagi menjadi 2 bagian yaitu : Kapasitor Polar dan Kapasitor Non Polar.

1.    Kapasitor Polar

Kapasitor Polar merupakan kapasitor yang kedua kutubnya mempunyai polaritas positif dan negatif, bahan dielektrik kapasitor Polar biasanya terbuat dari elketrolit dan kapasitor jenis ini mempnyai nilai kapasitansi yang besar dibandingkan dengan kapasitor yang menggunakan bahan dielektrik kertas atau mika atau keramik. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Gambar Kapasitor/Kondensator Polar


Berikut adalah simbol dari Kapasitor Polar :


Simbol Kapasitor Polar


2.    Kapasitor Non-Polar

Kapasitor Non Polar merupakan kapasitor yang yang pada kedua kutubnya tidak mempunyai polaritas artinya pada kutub-kutupnya dapat dipakai secara berbalik, dan biasanya kapasitor jenis ini mempunyai nilai kapasitansi yang kecil serta bahan dielektriknya terbuat dari kertas, keramik, mika, dll. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Gambar Kapasitor Non-Polar

Beruikut adalah simbol kapasitor non-polar :


Simbol Kapasitor Non-Polar


Jenis Kapasitor Berdasarkan Kegunaannya

Kapasitor/Kondensator Tetap

Kapasitor tetap merupakan kapasitor yang nilai kapasitansinya tetap, tidak dapat di rubah. Lihat gambar dibawah ini :


Kondensator Tetap


Kapasitor/Kondensator Tidak Tetap

Kapasitor tidak tetap merupakan kapasitor yang nilai kapasitansinya dapat dirubah. Kapsitor ini terdiri dari:

a.    Kapasitor Trimer

Kapasitor trimer Yaitu kapasitor yang nilai kapasitansinya dapat dirubah dengan cara memutar porosnya dengan obeng. Lihat gambar dibawah ini :


Trimer Kapasitor

b.    Kapasitor Variabel (Varco)

Kapasitor variael merupakan kapasitor yang nilai kapasitansinya dapat di ubah dengan memutar poros yang tersedia. Bentuknya menyerupai potensiometer.

Jenis kapasitor berdasarkan typenya

Kapasitor terdiri dari beberapa type, tergantung dari bahan dielektrikknya. Berdasarkan typenya kapasitor dapat dibagi 3 bagian, yaitu : kapasitior elektrostatik, kapasitor elektrolitik, dan kapasitor elektrochemikal.

1.    Kapasitor Elektrostatik

Kapasitor elektrostatik adalah kelompok kapasitor yang dibuat dengan bahan dielektrik dari keramik, film, dan mika.  Umumnya kapasitor klompok ini adalah non-polar.

2.    Kapasitor Elektrolytik

Kapasitor elektrolytik adalah kelompok kapasitor yang dibuat dengan bahan dielektriknya dari metal-oksida. Umumnya kapasitor yang termasuk klompok ini adalah kapasitor polar dengan tanda + dan – dibadannya. Mengapa kapasitor ini dapat memiliki polaritas , adalah karena proses pembuatannya menggunakan elektrolisa sehingga terbentuk kutub positif anoda dan kutub negatif katoda.

3.    Kapasitor Elektrochemikal

Termasuk kapasitor jenis ini aalah battery dan accu. Pada kenyataannya battery dan accu adalah kapasitor yang sangat baik, karena memiliki kapasitansi yang sangat besar dan arus bocor (leakage current) yang sangat kecil.



2 comments:

  1. gambar kapasitor elektrostatik,elektrolytik,dan elektrochymekal nya mna gan..?

    ReplyDelete
  2. artikelnya sangat membantu tugas sekolah saya, makasih :)

    ReplyDelete

YouTube

Loading...