Wednesday, March 6, 2013

ALAT UKUR LISTRIK ANALOG

ALAT UKUR LISTRIK ANALOG



Teori Dasar

Alat ukur listrik analog merupakan alat ukur generasi awal dan sampai saat ini masih digunakan. Bagiannya banyak komponen listrik dan mekanik yang saling berhubungan. Bagian listrik yang penting adalah, magnet permanen, tahanan meter, dan kumparan putar. Bagian mekanik meliputi jarum penunjuk, skala dan sekrup pengatur jarum penunjuk. Lihatlah gambar dibawah ini:


Bagian mekanik jarum penunjuk Alat Ukur listrik analog

Mekanik pengatur jarum penunjuk merupakan dudukan poros kumparan putar yang diatur kekencangannya. Jika terlalu kencang jarum akan terhambat, jika terlalu kendor jarum akan mudah goncang. Pengaturan jarum penunjuk sekaligus untuk memposisikan jarum pada skala nol meter. Lihatlah gambar bentuk dudukan poros jarum penunjuk berikut ini:


bentuk dudukan poros jarum penunjuk Alat ukur listrik Analog

 Alat ukur analog memiliki komponen putar yang akan bereaksi begitu mendapat sinyal listrik. Caranya bereaksi jarum penunjuk ada yang menyimpang dulu baru menunjukkan angka pengukuran, Atau jarum penunjuk bergerak ke angka penunjukan perlahan-lahan tanpa ada penyimpangan. Untuk itu digunakan peredam mekanik berupa pegas yang terpasang pada poros jarum atau bilah sebagai penahan gerakan jarum berupa bilah dalam ruang udara. Lihatlah gambar pola penyimpangan jarum meter analog dibawah ini:


Pola penyimpangan jarum meter analog
 
 
Pada skala meter dengan kelas industri baik dari jenis kumparan putar maupun jenis besi putar seperti skala meter yang dipasang pada panel skala meter banyak dipakai peredam jenis pegas. Bentuk skala memanjang saat ini jarang ditemukan. Bentuk skala melingkar dan skala kuadran banyak dipakai untuk alat ukur voltmeter dan ampermeter pada panel skala meter. Liahatlah jenis skala meter analog berikut ini:
 
 
Skala meter analog
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment

YouTube

Loading...